BARU PERTAMA KERJA? INI 12 TIPS RAHASIA SUKSES UNTUK FRESH GRADUATE! #2

Written By Jakerja on 5 Agustus 2015


Tips rahasia sukses di tempat kerja untuk Fresh Graduate.

JAKERJA.COM - Menjadi orang baru di suatu perusahaan yang baru pertama kali dimasuki, tentu membuatmu ingin memiliki karir yang cemerlang. Namun karir yang cemerlang tidak semata-mata karena keberhasilan individu saja lho. Tetapi mendapatkan dukungan-dukungan dari para senior (orang lama di perusahaan) itu juga penting.

Bagi kalian yang baru lulus dari dunia pendidikan atau jenjang kuliah, mungkin masih meraba-raba bagaimanakah dunia kerja yang sebenarnya. Juga bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan agar tidak memiliki masalah dengan senior, agar dapat segera menjadi karyawan tetap, agar dapat dipromosikan jabatan, dan sebagainya. Pada artikel sebelumnya, JAKERJA.COM telah memberikan 12 TIPS Rahasia Sukses untuk Fresh Graduate (New Comer) di Tempat Kerja (Bagian 1), berikut ini merupakan lanjutannya.
tips-success-job-for-fresh-graduate

BARU PERTAMA KERJA? INI 12 TIPS RAHASIA SUKSES UNTUK FRESH GRADUATE! (BAGIAN 2)

7. MAU BELAJAR

Jika terdapat sesuatu hal yang belum kita kuasai dengan baik, usahakan segera belajar supaya dapat cepat menguasai. Tidak ada batasan waktu untuk belajar sesuatu. Semakin banyak hal baru yang kita pelajari, maka semakin tinggi pula nilai jual atau standar gaji kita.

8. MAU MENERIMA MASUKAN

Setiap orang pasti memiliki cara berpikir yang berbeda-beda. Nikmatilah setiap perbedaan pendapat dari orang lain, karena hal itulah yang akan melengkapi pertimbangan kalian dalam mengambil suatu keputusan atau melakukan suatu tindakan. Jangan merasa terlalu pintar untuk mendengarkan masukan dari pihak lain. Nobody's perfect guys.

9. DAPAT MENGAMBIL KEPUTUSAN

Seseorang yang dapat mengambil keputusan baik itu keputusan kecil atau besar dalam situasi darurat kecil atau gawat biasanya akan jauh lebih dihargai oleh lingkungan kerja. Karena lingkungan kerja mendapatkan manfaat darinya, alih-alih harus menghadapi orang yang selalu bertanya dan tidak berusaha untuk mencari solusi sendiri. Jangan lupa dalam setiap mengambil keputusan harus disertai dengan alasan yang logis.

10. DAPAT ME-MANAGE TUGASNYA

Dengan mengorganisir pekerjaan sendiri akan jauh lebih memudahkan dan mengefisienkan waktu kerja kita. Mengorganisir ini bisa dilakukan dengan membuat skala prioritas. Kerjakan terlebih dahulu hal-hal yang urgent dan diminta oleh atasan, baru kemudian mengerjakan tugas yang skala prioritasnya tidak tinggi. Tentu saja, jika melihat hasil kerja yang baik dan kemampuan dalam me-manage tugas secara efisien, kamu akan lebih diperhitungkan dalam perusahaan.

11. DAYA TAHAN

Daya tahan terhadap kesulitan juga tidak kalah pentingnya. Di manapun kita bekerja, pasti ada faktor enak dan tidak enaknya. Ada yang kita sukai dan tidak sukai, ada yang dapat kita terima, dan ada yang sulit kita terima. Ada juga kondisi peraturan yang hanya bisa kita terima tanpa bisa kita ubah. Oleh karena itu, diperlukan adanya daya tahan dan berdamai dalam diri kita. Menerima semua itu dengan pikiran yang positif. Karena jika kalian tidak memiliki daya tahan yang baik, maka bisa-bisa tiga bulan bekerja sudah ingin cepat resign.

12. DREAM, PLAN, and ACTION

Milikilah mimpi, 3 tahun lagi ingin menjadi apa. 5 tahun lagi harus sudah di posisi apa. Ambisi itu bagus asal tidak berlebihan. Dengan adanya ambisi, maka hidup kalian berkembang, tidak hanya di zona itu-itu saja. Buatlah target jangka pendek dan jangka panjang, serta cara-cara untuk meraihnya. Sehingga hidup kalian lebih terarah dan memiliki tujuan.


Selamat mencoba tips dan trik yang kami berikan di atas. Jangan lupa untuk selalu berdoa, minta doa restu orang tua, dan melakukan yang terbaik. Salam sukses!

Baca Juga :

5 TIPS Meminimalisir Kesalahan Saat Bekerja!

Bagaimana Cara Meraih Kesuksesan Dengan Mengendalikan Ambisi Anda?

Belum Kerja? Coba Kesempatan Kerja dari PT. OTSUKA Berikut Ini!