BARU PERTAMA KERJA? INI 12 TIPS RAHASIA SUKSES UNTUK FRESH GRADUATE! #1

Written By Jakerja on 5 Agustus 2015


Tips rahasia sukses di tempat kerja untuk Fresh Graduate.

JAKERJA.COM - Menjadi orang baru di suatu perusahaan yang baru pertama kali dimasuki, tentu membuatmu ingin memiliki karir yang cemerlang. Namun karir yang cemerlang tidak semata-mata karena keberhasilan individu saja lho. Tetapi mendapatkan dukungan-dukungan dari para senior (orang lama di perusahaan) itu juga penting.

Bagi kalian yang baru lulus dari dunia pendidikan atau jenjang kuliah, mungkin masih meraba-raba bagaimanakah dunia kerja yang sebenarnya. Juga bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan agar tidak memiliki masalah dengan senior, agar dapat segera menjadi karyawan tetap, agar dapat dipromosikan jabatan, dan sebagainya. Berikut ini, JAKERJA.COM akan memberikan 12 TIPS Rahasia Sukses untuk Fresh Graduate (New Comer) di Tempat Kerja.
tips-rahasia-sukses-untuk-fresh-graduate

BARU PERTAMA KERJA? INI 12 TIPS RAHASIA SUKSES UNTUK FRESH GRADUATE! (BAGIAN 1)

1. KERJA SAMA

Cobalah untuk bekerja sama dengan baik pada semua bagian dan semua level di tempat kerja terutama yang berhubungan kerja secara langsung dan jangan abaikan mereka yang tidak berhubungan secara langsung. Hal ini penting, karena jika terjadi rotasi kerja, kamu mampu menyesuaikan diri dengan cepat karena sebelumnya sudah terjalin hubungan yang harmonis dengan orang-orang tersebut.

2. KREATIF & INOVATIF

Berpikirlah, gunakan kreativitas dan inovasi yang kalian dapatkan selama kuliah untuk diterapkan pada tempat kerja kalian tersebut dan memiliki nilai manfaat yang lebih. Untuk mendapatkan dukungan, mintalah pendapat beberapa orang.

3. CEPAT TANGGAP

New comer yang cepat tanggap dan memberikan respons yang positif akan lebih mudah menggalang kerja sama bahkan mendapatkan dukungan dari lingkungan baru tempat dia bekerja. Tetapi new comer yang terlihat pemalas, enggan belajar, dan lambat dalam menyelesaikan tugas dan merespons suatu masalah, maka cepat atau lambat akan mendapatkan penolakan dan tidak didukung oleh lingkungannya. Jika terdapat promosi pekerjaan, maka tidak ada seorangpun yang berpikir untuk mencalonkan dia.

4. BERSIKAP POSITIF

Biasakanlah untuk bersikap positif. Sikap positif akan didahului oleh pikiran yang positif. Berpikir, bersikap, dan selalu carilah hal yang positif dari situasi dan kejadian yang terjadi. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan kesempatan yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang dalam setiap kesulitan yang dihadapi.

5. GOOD ATTITUDE

Jangan pernah menjelek-jelekkan perusahaan kalau kalian masih bekerja dan mendapatkan gaji darisana. Apalagi mengatai-ngatai perusahaan tersebut di akun media sosial atau curhat kepada teman-teman kalian dari perusahaan lain. Ingat, kalian adalah duta perusahaan, dan pada setiap perusahaan tempat kita bekerja selalu ada sisi baik dan buruknya. Kalau memang sudah tidak bahagia dan tidak nyaman di suatu perusahaan, lebih baik tinggalkan dengan kesan yang baik.

6. MANDIRI

Walaupun sebagai new comer atau seorang fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja dan tidak mengetahui banyak hal soal pekerjaan, sebaiknya sedapat mungkin percepat waktu belajar dan penguasaan bidang pekerjaan atau job desc kalian supaya dapat segera mandiri. Sebagai bocoran, saat admin JAKERJA.COM bekerja di suatu perusahaan dulu, ternyata saat seorang senior mengajari kita, adakalanya mereka tidak sabar dan ingin kita cepat bisa. Mengapa? Karena mereka sendiri memiliki banyak tugas/job desc yang harus mereka selesaikan. Mereka berharap supaya anak baru dapat segera mengerti apa yang diajarkan. So, fokus dan konsentrasikan diri kalian saat sedang training atau diajari oleh senior kalian.

Untuk langkah-langkah selanjutnya, dapat kalian baca di BARU PERTAMA KERJA? INI 12 TIPS RAHASIA SUKSES UNTUK FRESH GRADUATE! (Bagian 2)

Selamat berjuang!

Baca Juga :

JANGAN SEBUTKAN 5 ALASAN INI SAAT AKAN RESIGN DARI PERUSAHAAN!

TIPS Penting Mengurangi Stres di Tempat Kerja!

Mau Kerja di Pertambangan? Baca Dulu Artikel Ini!