INI DIA BOCORAN PERTANYAAN DAN JAWABAN SAAT INTERVIEW KERJA!

Written By Jakerja on 19 Juni 2015


JAKERJA.COM - Interview kerja biasanya akan anda lakukan setelah lolos seleksi administrasi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Banyak pelamar sering menganggap sepele atau mudah proses interview tersebut, padahal point interview sama beratnya dengan tes psikotes. Sebelum anda mengikuti interview kerja, ada baiknya anda benar-benar mempersiapkan diri dan salah satunya dengan berlatih menjawab kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan nantinya. Berikut ini, JAKERJA.COM memberikan beberapa bocoran pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat interview kerja beserta jawaban yang dapat menjadi gambaran anda dalam menjawab nantinya.
bocoran-pertanyaan-dan-jawaban-wawancara-kerja
Tanya : Ceritakan tentang diri anda!
Jawab : Pertanyaan ini biasanya akan muncul saat awal interview kerja. Persiapkan jawaban anda dengan terbatas pada bidang pekerjaan yang anda kuasai sebelumnya. Bicarakan prestasi yang anda raih, hobi, serta aktivitas terakhir yang anda jalani, atau jika sudah pernah bekerja, bicarakan tentang karir anda sebelumnya secara sekilas.

Tanya : Pengalaman apa yang anda punya dalam bidang yang anda lamar?
Jawab : Sebaiknya anda menjadwab sedetail mungkin mengenai keahlian anda di bidang yang anda lamar. Jika tidak mempunyai pengalaman khusus, setidaknya berikan jawaban yang mendekati dengan keahlian yang dimaksud.

Tanya : Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?
Jawab : Pertanyaan ini biasanya adalah cara interviewer untuk mengetahui apakah si pelamar benar-benar mengetahui pekerjaan yang akan dia lamar atau tidak. Oleh karena itu, di artikel sebelumnya ( Baca : Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Melamar Kerja! ) penting bagi anda sebelum melamar kerja untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Kemudian jawablah berkaitan dengan aktivitas perusahaan tersebut seperti produk atau jasa yang dijual serta sistem pemasarannya.

Tanya : Apa kelebihan yang anda miliki?
Jawab : Pilihlah potensi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar. Hindari respon yang generik seperti pengakuan bahwa anda seorang pekerja keras. Lebih baik anda menjawab dengan penjelasan yang signifikan seperti "Saya selalu berusaha memenuhi to-do-list ( daftar pekerjaan ) yang saya buat sendiri, karena saya tidak mau pulang sebelum pekerjaan di kantor hari itu selesai."
Tanya : Apa kekurangan yang ada pada diri anda?
Jawab : Hindari menjawab bahwa anda seorang perfeksionis karena ini menunjukkan bahwa anda merupakan orang yang sombong. Lebih baik, anda jujur dan menyebutkan kelemahan yang kongkrit. Seperti, anda lemah dalam menghitung di luar kepala, sehingga anda selalu membawa kalkulator. Namun, susul juga dengan kelebihan anda.

Tanya : Kenapa perusahaan harus mempekerjakan anda?
Jawab : Anda dapat menjawab dengan menjabarkan keahlian atau kemampuan yang anda miliki dan relevan dengan kebutuhan perusahaan. 

Tanya : Ceritakan gambaran diri anda lima tahun lagi!
Jawab : Gambarkan posisi yang realistis seperti dua sampai tiga posisi di atas posisi yang anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita-cita yang tidak ada kaitannya dengan lamaran pekerjaan anda saat ini, misalnya ingin menjadi musisi atau novelis. Karena anda akan kelihatan tidak fokus.

Tanya : Mengapa anda keluar dari tempat kerja yang sebelumnya?
Jawab : Jangan kemukakan hal yang negatif mengenai tempat kerja anda yang sebelumnya. Meskipun anda berhenti karena ada masalah di tempat kerja sebelumnya, sebaiknya jangan ceritakan masalah tersebut. Jawablah dengan positif, seperti saat ini sedang ingin mencari kesempatan kerja yang lebih baik, dan sebagainya.

Tanya : Ceritakan contoh kegagalan anda?
Jawab : Ungkapkan kegagalan yang pernah anda alami, namun sudah terpenuhi solusinya. Hal ini penting, supaya pihak interviewer tahu bahwa anda mampu mengatasi masalah yang ada sebelumnya.
bocoran-pertanyaan-jawaban-wawancara-kerja
Tanya : Apakah anda menganggap diri anda sukses?
Jawab : Selalu jawab "iya" dengan rasa antusias untuk pertanyaan ini. Jelaskan keberhasilan yang sudah anda capai dalam hidup terutama dalam hal karir.

Tanya : Apakah anda bersedia untuk bekerja lembur jika dibutuhkan?
Jawab : Untuk jawaban dari pertanyaan ini ada pada diri anda masing-masing. Jawablah dengan jujur dan berikan alasan yang tepat.

Tanya : Berapa gaji yang anda minta?
Jawab : Pertanyaan yang mudah namun sangat sulit menjawabnya karena sifatnya yang sensitif. Anda dapat menjawab sambil tersenyum "Pertanyaan yang cukup sulit, namun maaf bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?". Biasanya dari pihak interviewer akan memberikan range gaji yang anda tanyakan tersebut. Jika tidak, anda dapat bertanya balik mengenai detail pekerjaan beserta tanggung jawabnya, dari situ anda dapat memperkirakan gaji yang anda harapkan serta mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lainnya. Sebaiknya, sebelum interview anda sudah mengetahui kisaran gaji untuk posisi seperti anda. Dan apabila ditanyakan gaji sebelumnya, jangan bohong tentang gaji yang pernah anda terima di perusahaansebelumnya. Bila anda merasa bahwa gaji anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan yang logis.

Baca Juga :

Mau Kerja di Pertambangan? Baca Ini!

Jangan Tanyakan 6 Hal Ini Saat Interview, Jika Ingin Diterima Kerja!

Persiapan Ini Harus Kamu Lakukan, Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu!