MAU KERJA DI PERTAMBANGAN? BACA ARTIKEL INI! - BAGIAN 2

Written By Jakerja on 19 Juni 2015


JAKERJA.COM - Setelah memenuhi tiga persyaratan utama yang diperlukan sebelum memasuki dunia pertambangan ( Baca : MAU KERJA DI PERTAMBANGAN? BACA ARTIKEL INI! - BAGIAN 1 ), maka selanjutnya adalah proses melamar. Untuk mencari lowongan kerja di perusahaan pertambangan bisa anda lakukan dengan mencari informasi pada website ini ( Baca : Lowongan Kerja Tambang ), dan dapat mengecek kebenaran dari lowongan tersebut pada kontak person atau website resmi yang tercantum di laman tersebut. Berhati-hatilah dalam setiap lowongan kerja yang ada, karena perusahaan-perusahaan besar tidak pernah meminta sejumlah uang tertentu kepada para pelamar untuk mengikuti proses seleksi yang ada. Biasanya perusahaan akan mengganti/menyediakan biaya transportasi ke lokasi tes dan menyediakan akomodasi bagi para calon karyawan yang akan mengikuti proses seleksi.

Setelah mendapatkan informasi lowongan kerja di pertambangan, selanjutnya adalah membuat surat lamaran yang biasanya dikirimkan via email.
tips-melamar-kerja-di-pertambangan
Sumber : hmetalsminingjobs.com
# MEMILIH PERUSAHAAN TAMBANG
Saat berniat untuk bekerja di pertambangan, pertimbangkan segala aspeknya seperti kredibilitas dan track record yang bisa anda cari lewat internet dan berita-berita yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Kalau berita tentang perusahaan tersebut hanya didominasi oleh demo masyarakat, tuntutan karyawan, rebutan lahan, maka sebaiknya abaikan perusahaan tersebut. Namun jika ditemukan banyak berita tentang harmonisnya perusahaan dengan masyarakat, penghargaan, ketaatan lingkungan, maka perusahaan ini dapat menjadi pilihan anda.
# MEMBUAT CURRICULUM VITAE ( CV )
1. Buatlah surat lamaran yang menggunakan tata bahasa yang baik dan tidak muluk-muluk, formal dan sesuai syarat. Jika disyaratkan untuk menggunakan bahasa Inggris, maka sebaiknya lakukan sesuai syarat.

2. Tuliskan CV dengan jujur dan sampaikan hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan, keterampilan, serta riwayat pekerjaan sebelumnya jika sudah pernah bekerja. Pengalaman organisasi juga bisa disampaikan tetapi sebaiknya organisasi yang relevan dan skala besar. Pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti dan kegiatan magang juga perlu disampaikan.

3. Buat surat lamaran dan CV dengan desain formal, tidak perlu dengan tambahan hiasan-hiasan yang aneh.

# PROSES SELEKSI
Proses seleksi masuk pertambangan untuk fresh graduate biasanya adalah melalui tahapan berikut :
1. PSIKOTEST
2. INTERVIEW HRD
3. LGD ( LEADERLESS GROUP DISCUSSION )
4. INTERVIEW USER
5. MEDICAL CHECK-UP
6. SITE VISIT ( optional )

tips-melamar-kerja-di-tambang
# TIPS PENTING UNTUK MELAMAR KE SEKTOR PERTAMBANGAN
1. Memiliki badan yang sehat dan fit, karena jika tidak sehat akan menyusahkan perusahaan, keluarga, dan karyawan lain, mengingat kerja di tambang sangat berat dan lokasi site yang jauh dari kota.

2. Memiliki kepribadian yang normal dan tidak antisosial, karena bekerja di pertambangan dituntut untuk bekerja dan hidup dalam sebuah komunitas.

3. Memiliki skill yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.

4. Siap berpisah untuk sementara waktu dengan keluarga dan hidup dengan fasilitas yang terbatas, karena pada umumnya pertambangan terletak di pedalaman Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

5. Siap untuk bekerja dalam tim dan dibawah tekanan kerja.

Baca Juga :

Ini Dia Bocoran Pertanyaan dan Jawaban Saat Interview Kerja!

Jangan Tanyakan 6 Hal Ini Saat Interview, Jika Ingin Diterima Kerja!

Persiapan Ini Harus Kamu Lakukan, Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu!