MAU KERJA DI PERTAMBANGAN? BACA ARTIKEL INI! - BAGIAN I

Written By Jakerja on 18 Juni 2015


JAKERJA.COM - Sudah menjadi rahasia umum, kalau orang yang bekerja di pertambangan akan terlihat lebih mapan dari profesi lainnya. Tetapi tahukah kalian bagaimana pekerja tambang memulai karirnya? Awalnya mereka harus rela mengorbankan waktu untuk tidak bertemu dalam jangka waktu tertentu dengan keluarga, namun semuanya terbayar dengan pendapatan yang lebih, sehingga pendapatan pekerja tambang sebanding dengan kerja kerasnya.

Sebelum memasuki dunia pertambangan, perlu diketahui bahwa terdapat 3 syarat utama sebagai dasar masuk ke dunia pertambangan yaitu pendidikan, keterampilan, dan kesehatan. Tiga hal tersebut adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh calon pekerja tambang.
lolos-seleksi-kerja-di-tambang
Sumber : www.hukumpertambangan.com
# PENDIDIKAN
Untuk bekerja di pertambangan, kalian tidak harus merupakan lulusan dari jurusan geologi atau pertambangan, banyak jurusan lain yang diperlukan seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Fisika, Matematika, Geodesi, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Ekonomi, Manajemen, Sastra Inggris, Akuntansi, Sosiologi, Hukum, dan lainnya sehingga hampir semua jurusan dibutuhkan di dunia pertambangan. Pertambangan sarat dengan teknologi, dan implementasi kerja di pertambangan merupakan lintas disiplin ilmu.
Syarat seorang pelamar fresh graduate ( pengalaman kerja di tambang 0 tahun ) yang umumnya diperlukan adalah :
1. Sarjana untul level Supervisor termasuk untuk fungsi teknis Surveyor, Geologis, dan sebagainya. Untuk level ini biasanya usia pelamar dibatasi maksimal 25 tahun.
2. Diploma 3 untuk level officer, batasan usia pelamar dibatasi biasanya sekitar 23 s/d 25 tahun.
3. SMK ( untuk jurusan mesin, listrik, otomotif, geologi, informatika, pertambangan, survey ) atau SMA IPA untuk level mekanik dan operator, batasan usia pelamar dibatasi biasanya 21 s/d 22 tahun.

# KETERAMPILAN
tips-melamar-kerja-di-tambang
Sumber : www.essaywow.com
Keterampilan yang dimaksud disini tidak hanya ditunjukkan dengan pendidikan formal. Banyak keterampilan di luar pendidikan formal yang biasanya wajib dikuasai oleh calon karyawannya seperti mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Dunia pertambangan yang sarat dengan teknologi dan hubungan ekspor dengan pihak asing, membuat calon karyawan wajib menguasai bahasa Inggris untuk mempermudah komunikasi. Selain itu, kemampuan mengoperasikan komputer juga wajib dikuasai, karena diperlukan untuk menggunakan email dan membuat presentasi yang baik dan sistematis. Keterampilan lain juga diperlukan dan biasanya disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar.

# KESEHATAN
cara-melamar-kerja-di-tambang
Sumber : www.smallchangesbigrewards.com
Bekerja di tambang, para calon karyawan dituntut untuk mempunyai fisik yang prima, karena operasional di tambang dilakukan selama 24 jam dan memerlukan pengawasan ketat untuk aspek kesehatan dan keselamatan kerja. Selain itu, biasanya pekerja tambang akan diberi fasilitas perumahan atau mess oleh perusahaan, dan tentunya perusahaan tidak akan mengijinkan calon karyawan yang menderita penyakit menular karena dapat membahayakan karyawan lainnya. Kesehatan yang prima disini tidak hanya penampakan fisik yang mirip dengan atlit binaraga, tetapi lebih kepada fungsi dari organ-organ tubuh yang normal serta daya tahan tubuh yang baik dan tidak gampang sakit. Lokasi pertambangan juga umumnya berada di pedalaman sehingga rawan terkena penyakit malaria. Bagi calon karyawan yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan sangat riskan. Pihak perusahaan memang pasti mengasuransikan kesehatan karyawannya tetapi dari pihak asuransi juga pasti tidak mau menerima peserta yang sudah memiliki penyakit tertentu.

Untuk tips melamar kerja di sektor pertambangan, baca MAU KERJA DI PERTAMBANGAN? BACA ARTIKEL INI! - BAGIAN 2.

Baca Juga : 

Ini Dia Bocoran Pertanyaan dan Jawaban Saat Interview Kerja!

Jangan Tanyakan 6 Hal Ini Saat Interview, Jika Ingin Diterima Kerja!

Persiapan Ini Harus Kamu Lakukan, Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu!