6 SIFAT BURUK DI TEMPAT KERJA YANG HARUS DIHILANGKAN MULAI SEKARANG

Written By Jakerja on 2 Oktober 2015


tips karir: 6 sifat buruk di tempat kerja yang harus dihilangkan mulai sekarang

JAKERJA.COM - Setiap orang pasti memiliki sifat buruknya masing-masing. Misalnya seperti suka berbohong, meremehkan orang lain, malas, dan sebagainya. Begitu juga di tempat kerja, ada beberapa sifat buruk dimana sebagian besar orang memilikinya. Sayangnya, banyak orang yang tanpa sadar memiliki sifat-sifat buruk tersebut. Ada juga yang harus ditegur dulu oleh rekan kerja lain supaya sadar, bahkan jika sudah terlalu parah, akan mendapat teguran keras dari atasan.

6 SIFAT BURUK DI TEMPAT KERJA YANG HARUS DIHILANGKAN MULAI SEKARANG

Jangan salah, mungkin sifat buruk terdengar sepele. Tetapi hal-hal sepele yang seperti ini yang justru menjadi pondasi kerja anda. Apalagi jika sifat buruk tersebut nyata-nyata sudah merugikan berbagai pihak bahkan perusahaan, bisa saja anda diberhentikan dari tempat kerja. Nah, sebelum mendapat teguran dari sana-sini, ada baiknya anda mencermati dahulu 6 sifat buruk berikut yang sering muncul di dunia kerja. Jika sifat tersebut terdapat pada diri anda, yuk mulai ubah pelan-pelan kebiasaan anda tersebut.

1. SERING MENUNDA PEKERJAAN

tips-karir-6-sifat-buruk-di-tempat-kerja-suka-menunda
6 Sifat Buruk di Tempat Kerja yang Harus Dihilangkan: Sering Menunda Pekerjaan
Seseorang yang sering menunda pekerjaan biasanya setiap tugas diberikan, dia tidak langsung mengerjakan tugas tersebut. Dia akan lebih memilih untuk menunda dan mengerjakan saat deadline sudah dekat. Kalau pun tugasnya masih bisa selesai tepat waktu, itu pun juga hasilnya pasti tidak maksimal. Bahkan paling parah, tugasnya tidak selesai. Daripada menunda pekerjaan, biasakan untuk segera menyelesaikan tugas yang diberikan tersebut. Sebagai penyemangat, anda dapat memotivasi diri anda seperti,"Semakin cepat tugas saya selesaikan, semakin cepat saya bisa beristirahat di rumah dan tidak mengambil lembur". :)

2. BANYAK ALASAN

Karyawan macam ini biasanya selalu memiliki seribu alasan. Misalnya, saat dia lupa mengerjakan satu tugas, dia pasti akan membuat bermacam-macam alasan yang menurutnya masuk akal. Selain itu, dia juga pasti akan membuat alasan saat dia tidak masuk atau datang terlambat ke kantor. Karyawan macam ini sebenarnya bukan malas, hanya saja dia terlalu banyak alasan dan tidak mau disalahkan. Jika anda termasuk karyawan yang memiliki sifat seperti ini, biasakan untuk mengendalikan diri anda. Karena dengan anda mengemukakan banyak alasan setiap kali melakukan sesuatu, orang akan malas mempercayai anda. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk menjatuhkan anda, karena dianggap tidak menguntungkan divisi atau team.

3. BUSY BEE COMPLEX

Busy bee complex adalah seseorang yang selalu mempunyai meja kerja berantakan dan memakai headset selama bekerja, seakan-akan sedang membangun benteng di sekeliling dirinya karena dia jarang berkomunikasi dengan rekan lainnya. Sebenarnya orang-orang seperti ini tidak benar-benar sibuk, hanya saja dia tidak mau berkomunikasi dengan yang lain. Kebiasaan seperti ini sebaiknya anda hilangkan perlahan-lahan, karena komunikasi yang terjalin antara anda dengan rekan kerja lainnya menjadi terhambat, dan tidak menutup kemungkinan anda akan dikucilkan dari pergaulan di tempat kerja.

4. TIDAK FOKUS

Sebagian karyawan juga ada yang suka terlambat pulang kantor karena belum selesai mengerjakan tugas pekerjaannya. Bukan karena banyak tugas, tetapi karena dia terlalu banyak melakukan hal-hal yang tidak penting selama bekerja, seperti sering memerika media sosial, mengecek status teman-teman di BBM, baca situs blog, atau bahkan sering keluar untuk merokok. Sebaiknya hilangkan sifat buruk seperti ini. Karena yang rugi juga anda, bukan orang lain. Semakin anda fokus mengerjakan tugas-tugas di kantor, semakin ontime anda pulang kerja, semakin banyak waktu kosong yang dapat anda gunakan sepuasnya.

5. TERLALU SERING MENGADAKAN ATAU IKUT RAPAT

Ada juga karyawan jenis ini yang super duper sibuk. Bahkan saking sibuknya, dia tidak pernah ada di ruangannya. Memang benar, mereka sibuk menghadiri atau mengadakan rapat, tetapi terlalu banyak rapat juga tidak baik. Jika anda termasuk karyawan jenis ini, anda perlu ingat bahwa selain rapat, anda juga memiliki banyak pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Jangan sampai karena sibuk mengikuti rapat, anda malah tidak bisa menyelesaikan tugas, bahkan tugas tersebut harus dikerjakan rekan kerja lain atau bawahan anda.
tips-karir-6-sifat-buruk-di-tempat-kerja-terlalu-sering-ikut-rapat
6 Sifat Buruk di Tempat Kerja yang Harus Dihilangkan: Terlalu Sering Ikut Rapat

6. POINTLESSNESS SYNDROME

Karyawan jenis ini merupakan orang yang tidak tahu dan tidak mengerti tujuan atau alasan dari apa yang dia lakukan. Saat anda bertanya "mengapa?", dia hanya bilang tidak tahu dan tidak paham, walaupun pekerjaan tersebut adalah tanggung jawabnya. Sifat seperti ini jangan sampai anda pelihara. Kalau anda serba tidak tahu, bagaimana anda dapat maksimal dalam mengerjakan tugas anda? Bisa-bisa atasan anda naik pitam dan memberhentikan anda dari pekerjaan.

Selain 6 sifat buruk di atas, sebenarnya masih ada banyak sifat-sifat buruk lainnya. Bagaimanapun cobalah untuk menginstropeksi diri anda sendiri sedini mungkin, supaya kinerja anda semakin baik dan mendapatkan kepercayaan yang lebih lagi dari rekan dan atasan anda. Selamat berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga:
5 Tips Menjadi Orang Baru yang Disenangi Senior di Tempat Kerja!

Baru Pertama Kerja? Ini 12 Tips Rahasia Sukses untuk Fresh Graduate!

Bocoran 24 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja