WAHAI KAMU FRESH GRADUATE, JANGAN LAKUKAN 4 KESALAHAN INI DALAM BERKARIER!

Written By Jakerja on 1 Oktober 2015


tips karir : tips penting bekerja untuk fresh graduate, career guide

JAKERJA.COM - Wisuda kuliah telah selesai, gelar pun telah disandang, dan kini saatnya mencari kerja. Para fresh graduate tentu akan berlomba-lomba mencari berbagai informasi mengenai lowongan kerja yang sedang dibuka bahkan menghadiri setiap event job fair yang diadakan oleh kampus-kampus. Namun, tanpa disadari, mereka seringkali melakukan kesalahan dalam membangun karirnya. Berikut ini merupakan empat kesalahan fresh graduate di awal mula membangun karirnya.

TIPS KARIR: 4 KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN OLEH FRESH GRADUATE SAAT BEKERJA

empat-kesalahan-fresh-graduate-dalam-bekerja
4 Kesalahan Fresh Graduate dalam Bekerja via blog.jobs24.co.uk

1. SERING PINDAH TEMPAT KERJA

Banyak dan sebagian besar fresh graduate akan merasa tidak betah di 3 bulan pertamanya bekerja pada tempat kerja barunya. Dengan alasan masih muda dan ingin mencari pengalaman, mereka pun mengajukan resign dan pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Faktanya, dengan kamu memiliki pengalaman kerja banyak tetapi jangka waktunya hanya sebentar justru hanya membuat ragu calon perusahaan selanjutnya. Kamu akan dianggap karyawan yang tidak serius karena sering pindah-pindah tempat kerja. Padahal perusahaan menginginkan karyawan yang loyal.

2. PASIF

Walaupun kamu masih fresh graduate, bukan berarti kamu harus takut dengan senior. Jangan pasif. Saat mengikuti rapat atau tergabung dalam sebuah diskusi, berikan ide-ide baru yang fresh tetapi logis. Jangan takut dianggap sok tahu, selama ide yang kamu ajukan memang cemerlang. Meski ide atau pendapatmu tersebut nantinya belum tentu diterima, setidaknya kamu sudah berkontribusi.

3. TAKUT MENGAMBIL RESIKO

Sebagian besar para lulusan muda tidak berani mengambil tanggung jawab dalam sebuah proyek. Padahal, dengan mengambil proyek tersebut bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan potensi yang terdapat pada diri kamu, sekaligus belajar hal-hal yang baru. Jangan takut, karena para senior atau atasan kamu pasti akan memberikan pengarahan terlebih dahulu.
Baca Juga:

4. MENYALAHGUNAKAN SOCIAL MEDIA

Kalau dulu masih sekolah atau kuliah, mungkin masih dianggap wajar kalau kamu banyak berkicau di media sosial. Tetapi saat memasuki dunia kerja, perhatikan apa yang kamu lakukan pada akun media sosialmu. Batasi update status mengenai kegiatan sehari-hari atau memberikan informasi terlalu banyak mengenai kegiatan pribadimu. Terutama jangan curhat mengenai pekerjaan, atasan, bahkan memaki dan mengkritik perusahaan pada media sosial kamu. Kalau memang ada masalah, sebaiknya ungkapkan langsung pada pihak yang bersangkutan. Be gentle, be real. Hadapi masalahmu di dunia nyata, jangan lewat medsos.

Baca Juga:

Rekrutmen Kerja PT. RIGID MAJU BERSAMA untuk Lulusan S1 Penempatan Jawa Timur

Yuk Cek Inspirasi Gaya Berbusanamu di Tempat Kerja dari Kate Middleton!

Career Guide: Sering Lembur? Mungkin Itu Kesalahan Anda Sendiri. Temukan Disini Bagaimana Cara Mengatasinya

5 Tips Menjadi Orang Baru yang Disenangi Senior di Tempat Kerja

Baru Pertama Kerja? Ini 12 Tips Rahasia Sukses untuk Fresh Graduate!