CAREER GUIDE: BAGAIMANA MENJADI FRESH GRADUATE YANG SIAP KERJA?

Written By Jakerja on 17 September 2015


bagaimana cara menjadi fresh graduate yang siap kerja, tips siap kerja ala fresh graduate, career guide

SUDAHKERJA.COM - Bagi kamu yang baru pertama kali kerja, tentu tidak akan selalu mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang jauh berbeda dengan jaman sekolah atau kuliah sebelumnya. Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuatmu siap kerja walaupun kamu merupakan seorang fresh graduate. Berikut ulasannya.
tips-menjadi-fresh-graduate-yang-siap-kerja
Tips Menjadi Fresh Graduate yang Siap Kerja via www.3rparenting.com

TIPS SIAP KERJA ALA FRESH GRADUATE

1. BERTANYA
Sebagi seorang fresh graduate dan baru pertama kalinya bekerja, pasti akan terdapat banyak hal yang belum kamu pahami. Jangan malu dan ragu untuk bertanya sesuatu hal yang kurang kamu mengerti kepada atasan atau seniormu. Dengan bertanya kamu akan mengetahui banyak hal, sehingga kamu dapat beradaptasi dengan mudah. Namun satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu sering bertanya. Setidaknya cobalah untuk memahami terlebih dahulu dengan akal pikiranmu, kemudian kumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dan tanyakan kepada atasan atau senior kamu saat mereka tidak sibuk atau memiliki waktu untuk mengajari kamu. Satu hal, mereka juga memiliki tugas mereka masing-masing, jadi jangan sampai kamu terlalu sering bertanya di saat mereka sedang sibuk bekerja ya.

2. BELAJAR DARI KESALAHAN

Yap, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tidak terkecuali seorang lulusan baru alias fresh graduate. Jangan putus asa saat kamu mendapatkan teguran dari atasan atau senior karena kesalahan yang kamu buat. Akui kesalahan tersebut dan belajarlah untuk memperbaikinya. Jangan libatkan emosi seperti mudah tersinggung atau rasa dendam karena hal itu akan memperlihatkan bahwa kamu masih belum siap untuk terjun ke dunia kerja.

3. MENJALIN HUBUNGAN YANG BAIK

Sama halnya seperti saat kamu sekolah atau kuliah dulu, di dunia kerja pun kamu akan membutuhkan teman. Karena itu, carilah relasi seluas-luasnya. Jangan salah, relasi itu akan sangat berguna nantinya, entah saat kamu membangun sebuah bisnis atau saat kamu sedang membutuhkan pekerjaan lagi. Jalinlah relasi dengan rekan kerja, teman berbeda divisi bahkan sampai atasan. Biarkan mereka mengenalmu.

4. BE HUMBLE

Ingat! Di atas langit masih ada langit. Walaupun kamu adalah lulusan cum-laude atau berhasil menyelesaikan program S2 sebelum umur 25 tahun, tetapi jangan pernah merasa paling pintar atau paling tahu. Tetaplah rendah hati kepada siapa pun. Hal ini penting, supaya kamu dapat disenangi oleh banyak orang.

5. SEMANGAT TINGGI

Walaupun kamu memiliki kegiatan di luar kantor sangat banyak, tapi profesionalitas kerja tetap harus dijaga. Pekerjaan sebaik apapun apabila tidak dijalankan dengan penuh semangat tidak akan menghasilkan hal yang baik. Tumbuhkan semangat tersebut dari dalam dirimu. Tunjukkan pada orang lain bahwa kamu menyukai apa yang kamu kerjakan saat ini dan berikan usaha yang terbaik.

Baca Juga:

5 Tips Menjadi Orang Baru yang Disenangi Senior di Tempat Kerja!

Baru Pertama Kerja? Ini 12 Tips Rahasia Sukses untuk Fresh Graduate!

Bocoran 24 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja