TIPS PENTING MENGURANGI STRES DI TEMPAT KERJA!

Written By Jakerja on 2 Juli 2015


JAKERJA.COM - Bagi kalian yang sudah diterima di tempat kerja, dan tengah menjalani proses training atau baru saja diangkat pegawai tetap mungkin akan mengalami stres pada saat bekerja. Berbeda halnya saat kalian kuliah dulu, dimana kalian bisa have fun dengan teman-teman, mengerjakan hal-hal yang berbeda setiap harinya, dan lebih santai. Namun, ketika memasuki dunia kerja, terdapat berbagai kegiatan yang berulang terus setiap harinya. Telepon setiap hari berdering, rekan kerja yang terus mengajak anda bicara setiap saat, padahal ada banyaaak sekali hal-hal yang harus dilakukan, namun waktunya terbatas.

Meski stres dengan tingkat yang wajar dapat menjadi penyemangat yang baik, tapi stres berat dapat mempengaruhi produktivitas, kesehatan emosional dan fisik kalian. Memang benar, kalian tidak dapat mengatur semuanya di lingkungan kerja, namun kali ini JAKERJA.COM memberikan beberapa tips untuk mengurangi stres kalian di tempat kerja :

1. TO-DO-LIST
tips-mengurangi-stres-di-kantor
Sumber : cubickbcn.com
Saat kalian merasa gelisah dan terlalu banyak pekerjaan yang menumpuk dengan deadline yang ketat, pertama buatlah sebuah catatan kecil berisi skala prioritas hal-hal yang harus kalian kerjakan. Kemudian, lanjutkan dengan mengerjakan hal-hal yang benar-benar urgent dan harus diselesaikan terlebih dahulu, dan lanjutkan dengan mengerjakan hal-hal lainnya yang telah kalian urutkan dalam skala prioritas tersebut. Kalian juga dapat menuliskan tugas-tugas yang harus dikerjakan agar membantu kalian mengingatkan ( reminder ) untuk menyelesaikan tugas tersebut.

2. FOCUS
tips-menghilangkan-stres-di-kantor
Sumber : images.wisegeek.com
Tutup semua browser, situs internet dan semua aplikasi kecuali yang sedang kalian kerjakan sekarang. Tutup semua email dan matikan nada dering smartphone bahkan notifikasi yang mungkin setiap saat berbunyi. Berkonsentrasilah untuk menyelesaikan hal-hal yang ada di depan mata kalian, kemudian segarkan diri dan pulihkan energi dengan membaca pesan yang mungkin terlewatkan.

3. REFRESH YOUR MIND
Saat bekerja di dalam ruangan kantor yang sama sepanjang hari, pasti akan tiba waktu dimana kalian merasa stuck, bosan, dan tidak fokus. Berjalanlah ke toilet, pantry, atau ruangan lain untuk meregangkan otot-otot kalian yang kaku. Berbicara dengan rekan dalam kondisi sewajarnya juga sangat penting lho untuk merefresh otak kalian. 

Selain itu, saat istirahat kalian juga dapat minum kopi atau makan siang di tempat yang terdapat sinar matahari yang cukup. Karena secara ilmiah, sinar matahari terbukti dapat membuat kalian lebih bahagia. Tingkat serotonin ( sejenis hormon yang bisa memberi rasa nyaman ) akan meningkat saat terkena cahaya yang terang.

4. CLEAN UP
tips-penting-mengurangi-stres-di-kantor
Sumber : www.steussy.com
Apakah saat ini meja kalian dipenuhi dengan tumpukan-tumpukan kertas, berkas, dan catatan yang ditempel sana sini di layar monitor sebagai reminder? Well, mungkin kalian bisa menata dan merapikan kembali berkas-berkas tersebut pada tempat yang seharusnya. Sebisa mungkin, barang-barang yang terdapat pada meja kalian saat ini adalah yang akan kalian kerjakan sekarang. Sehingga pikiran akan fokus pada apa yang sedang kalian kerjakan di meja.

Tips Lainnya :

Ini Dia Bocoran Pertanyaan dan Jawaban Saat Interview Kerja!

Jangan Tanyakan 6 Hal Ini Saat Interview, Jika Ingin Diterima Kerja!

Persiapan Ini Harus Kamu Lakukan, Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu!