TIPS KERJA DI KANTOR UNTUK 'ANAK BARU'

Written By Jakerja on 20 Juli 2015


JAKERJA.COM- Anak baru merupakan sebutan untuk seseorang yang baru saja lulus dari sebuah perguruan tinggi kemudian bergabung bersama dengan suatu perusahaan tertentu.

tips-kerja-di-kantor-untuk-anak-baru

Sebutan anak baru biasanya disematkan oleh karyawan senior yang sudah cukup lama mengabdi dan bergabung bersama dengan perusahaan tersebut.

Sebagai anak baru dalam suatu perusahaan, maka ada hal-hal penting yang harus anda lakukan supaya lingkungan kerja menjadi kondusif.

Cara Berbusana
Pilihan berpakaian atau berbusana menjadi salah satu faktor penting untuk bisa diterima dalam suatu lingkungan kerja. Sebagai anak baru ada baiknya untuk berpakaian rapi dan tidak terlalu berlebihan dalam aksesoris dan make up seperti seakan-akan anda meminta untuk diperhatikan dan akibat paling buruk adalah anda malah menjadi bahan omongan dan sindiran di dalam kantor. Anda juga bisa menentukan cara berpakaian untuk kerja pada hari pertama dengan melihat secara langsung para karyawan ketika anda datang untuk memenuhi permintaan wawancara kerja.

Pelajari Budaya Kantor
Penting sekali untuk mengetahui budaya kantor tempat anda bekerja. Ada beberapa perusahaan yang sangat mudah untuk berdiskusi secara langsung di meja atasan sedangkan ada juga yang jarang sekali bisa untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Untuk bisa lebih optimal dalam memahami budaya kantor maka sebaiknya gunakan catatan agar setiap poin penting tidak terlupakan.

Ingat Posisi dan Nama
Sebuah peribahasa klasik mengatakan bahwa nama adalah sebuah lagu bagi telinga. Jadi usahakan untuk mengigat setiap nama dan posisi orang-orang disekitar anda.

Bangun Komunikasi
Senyumlah pada setiap orang yang anda temui dan sapalah mereka dengan menggunakan namanya bukan hanya dengan kata  selamat siap 'Pak' atau 'Bu'. Anda juga angan terlalu sok akrab dan memaksakan diri untuk mengenal lebih dalam kepribadian mereka, biarkan hal tersebut terjadi secara alami.

Bangun Pergaulan
Tidak baik jika anda memilih-milih atasan mana yang akan anda jadikan teman atau hanya bergaul dengan rekan laki-laki atau perempuan saja.

Inisiati
Inisitif sangat diperlukan untuk membuat anda disukai dalam lingkungan pekerjaan. Bila rekan kerja anda butuh pertolongan sebaiknya tolonglah mereka dan pastikan pekerjaan anda juga bisa diselesaikan sekalipun anda sudah memberikan tangan untuk menolong. Apabila pekerjaan anda sudah selesai maka jangan berdiam diri, tanyakan pada atasan anda apalagi yang mungkin anda bisa kerjakan.

Selalu Semangat
Selalu datang lebih awal dan pulang setelah bos atau rekan lain pulang terlebih dahulu. Ingat jangan datang terlambat dan pulang paling duluan serta tidak bersemangat atau malas dalam bekerja agar tidak menimbulkan kesan negatif.